Sabtu, 07 Februari 2009

Mengkritik,memberi saran

Pernahkan kalian membaca istilah-istilah di atas? Ya banyak yang bingung untuk membedakan mana kritik, pujian, saran dan pendapat. Kini marilah kita belajar membedakan istilah-istilah itu dan menggunakannya dengan tepat dalam kalimat.

Kritik pada dasarnya merupakan ungkapan ketidak puasan yang disampaikan dengan bahasa yang sopan dan logis. Bahasa yang digunakan tidak bersifat menjatuhkan atau mencemooh orang yang dikritik.

Pujian merupakan ungkapan kepuasan pada sesuatu hal yang disampaikan dengan bahasa yang jelas, logis, obyektif dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Saran merupakan tanggapan terhadap suatu masalah yang disertai dengan solusi atau jalan keluar pemecahannya. Disampaikan dengan bahasa yang efektif.

Pendapat, merupakan pandangan terhadap sesuatu hal yang terjadi dengan didasari oleh alasan dan data yang jelas.

Setelah kalian membaca dengan baik pengertian istilah-istilah tersebut, coba kita latih pemahaman kita.

Manakah di antara kalimat-kalimat berikut yang termasuk krtik, pujian, saran dan pendapat.

1. Baju yang kamu pakai itu bagus sekali, hanya sayang modelnya kurang pas di badan kamu. Badanmu yang gemuk dan pendek sebaiknya memakai baju berwarna gelap dengan motif garis vertikal agar kamu lebih terlihat langsing.

2. Ah, lagu yang kamu nyanyikan terdengar sumbang. Gatal telingaku mendengarnya. Coba berlatih lagi, aku yakin kamu pasti bisa.

3. Kelas ini tidak baik untuk dijadikan tempat belajar. Lihat saja lantainya kotor dan berdebu. Kaca jendelanya juga kusam. Meja dan kursi sudah tak layak pakai. Bagaimana kita bsa belajar dengan baik di tempat seperti ini?

4. Luar biasa! Kamu memang luar biasa! Tak sia-sia aku melatihmu selama ini, kamu tetap yang terbaik. Selamat untukmu!

Setelah kalian bisa mengisinya dengan baik, coba sekarang amati bapak atau ibu guru yang sedang mengajar kalian atau temanmu yang sedang membacakan puisi di depan. Buatlah kalimat yang mengungkapkan kritik, pujian, saran dan pendapat. Selamat bekerja!

Bu Reni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar