Sabtu, 07 Februari 2009

menyunting karangan

Menyunting karangan merupakan bagian dari pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam pembelajaran menulis. Anak-anak harus terbiasa berlatih menyunting karangan agar dapat membuat karya tulis yang baik.

Apa yang harus kita lakukan sebelum menyunting karangan? Banyak sekali namun yang paling sederhana adalah kita harus memahami dua hal yang cukup penting sebagai dasar menyunting karangan.

Dua hal tersebut adalah :

1. Memahami Ejaan dan tanda baca. Anak-anak harus tahu penggunaan ejaan dan tanda baca, khususnya mengenai penulisan huruf kapital, penyimpanan tanda baca dan lain sebagainya. Semua itu bisa dipelajari dalam buku Pedoman Ejaan yang Disempurnakan.

2 Memahami unsur kebahasaan. Unsur kebahasaan meliputi kata, kalimat dan paragraf.

Kata dan kalimat terdiri atas kata baku dan tak baku. Kata dan kalimat baku adalah kata yang sesuai dengan kaidah bahasa sedangkan kata dan kalimat tak baku merupakan kata atau kalimat yang digunakan dalam komunikasi sehari-hari.

Paragraf merupakan rangkaian kalimat yang satu sama lain saling berhubungan mendukung satu ide pokok. Paragraf yang baik adalah paragraf yang memiliki kepaduan kalimat, kekohesian dan kekoherensian. Dalam menyunting karangan, keterkaitan antar paragraf sangat mendukung penguraian isi, sehingga dapat mempermudah pembaca untuk memahaminya. ( Reni )

1 komentar: